Semoga Bermanfaat !!: Perbedaan expanded dan extended memory

Follow by Email

Senin, 11 April 2011

Perbedaan expanded dan extended memory

Expanded memory

Pada komputer yang kompatibel dengan IBM Personal Computer, memori diperluas adalah sistem bank switching diperkenalkan sekitar tahun 1984 yang disediakan memori tambahan untuk program DOS di luar batas memori konvensional. memori diperluas menggunakan bagian ruang alamat biasanya didedikasikan untuk komunikasi dengan peripheral untuk memori program juga. Praktek ini diuraikan dalam Expanded Memory Specification (EMS), yang dikembangkan bersama oleh Lotus Software, Intel, dan Microsoft, sehingga spesifikasi ini kadang-kadang disebut sebagai "LIM EMS." Penggunaan memori diperluas menjadi umum dengan permainan dan program bisnis di akhir 1980-an melalui pertengahan 1990-an, namun penggunaannya menurun sebagai pengguna beralih dari DOS ke sistem operasi 32-bit seperti Microsoft Windows.
Prosesor 8088 dari PC IBM dan XT bisa menangani satu megabyte memori dalam mode real. Para desainer mengalokasikan 640 kB bawah ruang alamat untuk baca-tulis memori program (RAM), yang disebut "Memori konvensional", dan 384 kB sisa ruang memori yang disediakan untuk menggunakan seperti sistem BIOS, memori video, dan memori pada perangkat ekspansi papan. AT IBM, yang digunakan Intel 80286, didukung dilindungi mode, tetapi juga berlari DOS, sebuah sistem operasi real mode yang tidak menggunakan memori langsung diperpanjang.

Untuk sesuai dengan memori berpotensi jauh lebih dari 384 KiB ruang alamat bebas akan memungkinkan, skema bank switching ini dirancang, di mana hanya bagian yang dipilih dari memori tambahan akan diakses pada saat yang sama. Awalnya, sebuah jendela tunggal 64 KiB memori adalah mungkin, kemudian ini dibuat lebih fleksibel. Program harus ditulis dengan cara tertentu untuk mengakses memori diperluas.
[Sunting] Rincian

Papan memori diperluas, ada hardware suatu perangkat, membutuhkan driver perangkat lunak perangkat, yang diekspor layanannya. Seperti device driver disebut "manajer memori diperluas". Namanya adalah variabel, papan yang telah disebutkan sebelumnya digunakan remm.sys (AST), ps2emm.sys (IBM), aemm.sys (AT & T) dan emm.sys (Intel) masing-masing. Kemudian, ekspresi menjadi terkait dengan solusi perangkat lunak hanya membutuhkan prosesor 80386, untuk QEMM misalnya geladak's.

memori diperluas adalah istilah umum untuk beberapa varian teknologi yang tidak kompatibel. Expanded Memory Specification (EMS) telah dikembangkan bersama oleh Lotus, Intel, dan Microsoft, sehingga spesifikasi ini kadang-kadang disebut sebagai "LIM EMS". EEMS, standar manajemen memori bersaing diperluas, dikembangkan oleh AST Penelitian, Quadram dan Ashton-Tate. Hal ini memungkinkan juga memetakan beberapa atau semua KIB 1024 lebih rendah dari memori tidak berhubungan dengan interupsi atau dedicated I / O memori (seperti kartu jaringan atau video), sehingga seluruh program dapat diaktifkan dalam dan keluar dari RAM ekstra. Fitur ini digunakan oleh perangkat lunak DOS multitasker awal seperti Desqview. Kedua standar tersebut akhirnya digabungkan sebagai LIM EMS 4.0.
[Sunting] Implementasi
[Sunting] papan Ekspansi
Emulex Persyst 4 MiB ISA board memori

Ini penyisipan jendela memori ke dalam ruang alamat perangkat awalnya dapat dicapai hanya melalui papan ekspansi yang spesifik, dihubungkan ke bus ekspansi ISA komputer. 1980 Terkenal diperluas papan memori adalah AST mengamuk, IBM PS / 2 80286 Ekspansi Memory Option, AT & T Expanded Memory Adapter dan Intel atas Dewan. Mengingat harga RAM selama periode itu, sampai beberapa ratus dolar per mebibyte, dan kualitas dan reputasi merek di atas, papan memori diperluas sangat mahal.
[Sunting] Motherboard chipset

Kemudian, chipset motherboard beberapa komputer berbasis Intel 80286 menerapkan skema memori diperluas yang tidak membutuhkan add-on board, khususnya chipset NEAT. Biasanya, perangkat lunak switch ditentukan berapa banyak memori yang harus digunakan sebagai memori diperluas dan berapa banyak harus digunakan sebagai memori diperluas.
[Sunting] Perangkat Lunak emulasi

Awal tahun 1987, built-in fitur manajemen memori dari Intel 80386 processor model bebas ruang alamat ketika menjalankan software warisan real mode, membuat solusi perangkat keras yang tidak perlu. Perluasan memori bisa disimulasikan dalam perangkat lunak.

Perangkat lunak pertama kali diperluas manajemen memori (emulasi) program mungkin CEMM, tersedia pada November 1987 dengan Compaq DOS 3.31. Sebuah solusi komersial populer dan fitur adalah QEMM geladak's. lawan Sebuah 386MAX qualitas '. Fungsi ini kemudian dimasukkan ke dalam MS-DOS 4.01 pada tahun 1989 dan menjadi DR-DOS 5.0 tahun 1990, sebagai EMM386.

Perangkat Lunak manajer memori diperluas pada umumnya menawarkan fungsi tambahan, tetapi terkait erat. Khususnya, mereka bisa menciptakan memori biasa di bagian-bagian yang tidak terpakai dari daerah memori atas (UMA) (di KIB 384 tinggi ruang alamat mode real) disebut blok memori bagian atas (UMBs) dan alat yang disediakan untuk loading program kecil, biasanya TSRs dalam ("loadhi "atau" loadhigh ").

Interaksi antara memori diperluas, persaingan memori diperluas dan ekstender DOS akhirnya diatur oleh XMS, Virtual Control Program Interface (VCPI) dan DOS Protected Mode Interface (DPMI) spesifikasi.

emulasi program tertentu, bahasa sehari-hari dikenal sebagai LIMulators, tidak bergantung pada motherboard atau 80386 fitur sama sekali. Sebaliknya, mereka memesan 64 KiB dari RAM dasar untuk jendela memori diperluas, di mana mereka menyalin data ke dan dari memori baik diperpanjang atau hard disk ketika program aplikasi switch diminta halaman. Hal ini secara program mudah untuk diterapkan, tetapi kinerja rendah. Teknik ini ditawarkan oleh AboveDisk dari Atas Software dan beberapa program shareware.




Extended memori

Dalam komputasi, memori diperluas mengacu ke memori di atas megabyte pertama ruang alamat dalam sebuah IBM PC atau yang kompatibel dengan prosesor 80286 atau yang lebih baru. Istilah ini terutama digunakan di bawah DOS dan sistem operasi Windows. program DOS, berjalan dalam mode real atau mode x86 virtual, tidak dapat langsung mengakses memori ini, namun dapat melakukannya melalui interface pemrograman aplikasi bernama Memory eXtended Spesifikasi (XMS). API ini dilaksanakan oleh seorang sopir (seperti HIMEM.SYS) atau sistem operasi, yang menangani manajemen memori dan memori menyalin antara memori konvensional dan diperpanjang, oleh sementara beralih ke modus prosesor dilindungi. Dalam konteks ini, "memori diperpanjang" panjang mungkin mengacu ke seluruh memori diperluas atau hanya bagian yang tersedia melalui API.

Extended memori juga dapat diakses langsung oleh program DOS berjalan pada modus dilindungi dengan menggunakan VCPI atau DPMI, dua (yang berbeda dan tidak kompatibel) metode menggunakan dilindungi mode di DOS.

Extended memori tidak harus bingung dengan memori diperluas, metode sebelumnya untuk memperluas kapasitas memori PC IBM melampaui 640 kb menggunakan kartu ekspansi dengan bank diaktifkan modul memori. Karena dukungan yang tersedia untuk memori diperluas pada aplikasi populer, device driver dikembangkan yang ditiru memori diperluas menggunakan memori diperluas. Kemudian dua tambahan metode mana yang dikembangkan memungkinkan akses langsung ke sebagian kecil dari memori diperluas dari modus nyata. Daerah-daerah memori yang disebut sebagai area memori tinggi (HMA) dan area memori bagian atas (UMA, juga disebut blok memori atas atau UMBs).

Pada PC berbasis x86, memori diperluas hanya tersedia dengan prosesor Intel 80286 atau lebih tinggi. Hanya chip ini dapat mengatasi lebih dari 1 megabyte RAM. The 8086/8088 sebelumnya prosesor dapat menggunakan lebih dari 1 MB RAM, jika salah satu mempekerjakan hardware khusus untuk membuat bagian-bagian dipilih dari itu muncul di alamat di bawah 1 MB.

Pada PC 286 atau lebih baik dilengkapi dengan lebih dari 640 kB RAM, memori tambahan umumnya akan kembali dipetakan di atas batas MB 1, sejak IBM PC alamat cadangan arsitektur antara 640 kB dan 1 MB untuk ROM dan peripheral sistem.

Extended memori tidak dapat diakses dalam mode real (kecuali untuk sebagian kecil yang disebut daerah memori tinggi). Hanya menjalankan aplikasi dalam mode dilindungi dapat menggunakan memori langsung diperpanjang. Sebuah dilindungi-modus mengawasi sistem operasi seperti Microsoft Windows mengelola aplikasi mengakses program ke memori. Prosesor ini membuat memori yang tersedia melalui Global Descriptor Table (GDT) dan satu atau lebih Lokal Descriptor Tabel (LDTs). Memori adalah "dilindungi" dalam arti bahwa segmen memori diberi deskriptor lokal tidak dapat diakses oleh program lain karena program yang menggunakan LDT yang berbeda, dan segmen memori diberikan deskriptor global dapat memiliki hak akses mereka terbatas, menyebabkan pengecualian prosesor (misalnya , kesalahan perlindungan umum atau GPF) pada pelanggaran. Hal ini untuk mencegah program berjalan dalam mode dilindungi dari campur dengan memori masing-masing.



Sebuah operasi dilindungi-mode sistem seperti Microsoft Windows juga dapat menjalankan program real-mode dan menyediakan memori diperluas kepada mereka. DOS Protected Mode Interface (DPMI) adalah metode yang ditetapkan Microsoft untuk program MS-DOS untuk mengakses memori diperluas di bawah lingkungan multitasking.
[Sunting] Spesifikasi Memory eXtended (XMS)

Memory eXtended Spesifikasi atau XMS adalah spesifikasi menjelaskan penggunaan memori diperluas IBM PC dalam mode real untuk menyimpan data (tapi tidak untuk menjalankan kode dieksekusi di dalamnya). Memori disediakan oleh manajer memori diperluas (XMM) software seperti HIMEM.SYS. Fungsi XMM dapat diakses melalui 2Fh mengganggu.

XMS versi 2.0 memungkinkan hingga 64 MiB memori, dengan versi XMS 3.0 ini meningkat menjadi 4 GiB. Untuk membedakan antara jumlah mungkin berbeda dari memori yang mungkin tersedia untuk aplikasi, tergantung pada versi dari spesifikasi mereka dikembangkan untuk, yang kedua dapat disebut sebagai super memori diperluas atau SXMS.

Para manajer memori diperluas juga bertanggung jawab untuk mengelola alokasi di daerah memori tinggi (HMA) dan area memori bagian atas (UMA, juga disebut blok memori atas atau UMBs). Dalam prakteknya area memori atas akan disediakan oleh manajer memori diperluas (EMM), setelah itu DOS akan mencoba untuk mengalokasikan mereka semua dan mengatur mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar